Thursday, December 8, 2011

Mengenal Varian Pasta

Makanan tradisional asal Italia ini kayanya mulai merakyat, setuju gak? Buktinya banyak banget tempat makan yang menyediakan menu pasta khususnya di Jakarta. Pasta sendiri banyak banget variannya. Bukan cuma bentuk atau ukurannya aja tapi juga berbeda dari bahan pembuatnya sampai ke rasanya. Yuk, mengenal varian pasta :)


Ukuran
Dari bentuk dan ukuran banyak banget jenis pasta salah satunya mungkin yang sering kita lihat yaitu berbentuk panjang, makaroni atau yang kecil seukuran beras. Pasta-pasta itu juga kadang dinamakan sesuai bentuknya lho! Misalnya nih pasta linguine, karena bentuknya yang mirip lidah tapi kecil ukurannya makanya dinamakan linguine yang artinya "little tongues" di bahasa Itali.

Rasa
Kalau menurut warna dan rasa pastinya yang paling terkenal adalah pasta hijau, yang terbuat dari ekstrak bayam. Atau pasta merah dari campuran tomat dan pasta hitam yang dibuat dengan mencampurkan 'tinta' cumi-cumi. Ada juga pasta yang dibuat dari campuran paprika hijau dari Meksiko, Jalapeno. Hmm kebayang banget kelezatnya =)


Pasta non-terigu
Dari namanya aja udah keliatan kan kalau pasta ini terbuat bukan dari bahan terigu. Kenapa? Nah pasta ini memang khusus diciptakan bagi mereka yang alergi gluten pada terigu. Contohnya pasta buckwheat, buckwheat sendiri tidak mengandung gluten sehingga bisa dimakan oleh orang-orang dengan penyakit celiac atau alergi gluten. Selain itu banyak juga yang memilih pasta non-terigu ini karena terigu mengandung karbohidrat yang tinggi. Itulah alasannya kenapa banyak banget pasta yang terbuat dari gandum utuh yang lebih kaya serat dan mengandung banyak vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh. Makanan lezat juga harus sehat kan? :D


Selain 3 varian di atas masih banyak banget yang lainnya seperti jenis pasta yang sehata ataupun yang diperkaya oleh bahan lainnya seperti keju ataupun herbal. Duh, gara-gara ngebahas varian pasta jadi pengen makan pasta nih :p

0 komentar:

Post a Comment