Wednesday, December 21, 2011

Sejarah Pempek


Pempek, panganan dari olahan daging ikan ini memang sangat akrab di telinga kita. Jenis nya pun beragam mulai dari pempek berukuran besar seperti pempek kapal selam, pempek lenjer, pempek lenggang hingga yang berukuran kecil seperti pempek ada'an, pempek pistel dan lain-lain.
 
Jika kita melihat sejarahnya, Pempek telah ada di palembang sejak masuknya perantau cina ke daerah palembang. Menurut cerita yang ada di masyarakat pempek muncul karena adanya rasa prihatin dari seorang apek (lelaku tua keturunan cina) yang melihat tangkapan ikan yang berlimpah namun tidak sepenuhnya dimanfaatkan dengan baik. Ia kemudian mencampur daging ikan yang telah digiling dengan tepung tapioka, sehingga dihasilkan makanan baru. Makanan tersebut kemudian dijajakan dengan bersepeda keliling kota.
Nah kenapa disebut empek-empek? Karena penjualnya yang rata-rata adalah seorang apek sehingga pembelinya memangil "pek … apek". Pada awalnya pempek terbuat dari ikan belida. Namun, karena ikan belida yang semakin langka dan mahal sehingga kemudian ikan tersebut diganti dengan ikan lain yang harganya lebih murah tetapi dengan rasa yang tetap gurih. Wah jadi ngidam ingin makan pempek :)

0 komentar:

Post a Comment