Wednesday, December 21, 2011

Rujak Cingur & Semanggi

Mendengar kota Surabaya pasti langsung terbayang sajian kulinernya yang unik, lezat dan beragam. Sebut saja jajanan seperti Rujak Cingur dan Semanggi. Dua makanan tersebut memang banyak dikenal oleh kalangan masyarakat di dalam maupun di luar surabaya.
Rujak cingur, makanan khas Surabaya yang satu ini terdiri dari sayuran yang direbus (krai rebus, kangkung, kacang panjang, kecambah) dipadu dengan buah-buahan (kedondong, mangga muda, belimbing, nanas, bengkuang, mentimun, krai segar –sejenis mentimun) ditambah tahu dan tempe goreng lengkap dengan siraman saus yang merupakan campuran petis, pisang klutuk, kacang, terasi yang telah diulek halus. Walaupun memiliki banyak penggemar fanatik tapi banyak juga yang sama sekali tidak suka dengan makanan yang satu ini karena penyajiannya dan juga bahan utamanya yaitu cingur atau moncong sapi.
Selain rujak cingur masih ada Semanggi yang mungkin sudah sangat jarang ditemui lagi. Semanggi ini terbuat dari daun semanggi yang disajikan dengan tauge lengkap dengan siraman saus camputan dari petis dan ubi jalar. Sensasi rasanya yang khas dan berbeda lebih nikmat lagi jika dimakan bersama krupuk puli.

1 komentar:

aplikasi android said...

informasi baru yang cukup menarik Kak, terimakasih...
Aplikasi Kasir Warung

Post a Comment